Tuesday, November 29, 2016

Instal windows 10 dengan menggunakan flashdisk

Instal windows 10 dengan menggunakan flashdisk


pertama sediakan dulu flashdisk kosong yang berisi sekitar 4 gb,kemudian kita lanjut ke langkah berikutnya : 

  1. download dulu rufus, rufus adalah Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bootable pada media USB flash drive adalah Rufus. Dengan ukuran yang sangat kecil (hanya 459 KB), aplikasi ini juga bersifat gratis (lisensi GNU GPL versi 3) dan portable.
    Sumber: Gufron Rajo Kaciak: Membuat Media Instalasi USB Bootable Dengan Rufus: http://dosen.gufron.com/tutorial/membuat-media-instalasi-usb-bootable-dengan-rufus/6/
    Rufus juga memiliki opsi FreeDOS, sehingga kita dapat menggunakannya untuk booting komputer dalam modus DOS (Disk Operating System). Modus DOS sangat bermanfaat terutama dalam melakukan proses upgrade BIOS yang membutuhkan DOS command prompt.
  2.  photo download.png
  3. kemudian download windows 10 yang 32 bit disini atau 64 bit disini sumber https://jalantikus.com 
  4. setelah download rufus dan iso windows 10, kemudian buka rufus,lalu flashdisk akan terdeteksi secara otomatis oleh rufus kemudianpada icon cd klik lalu pilih iso windows 10
  5. lalu klik start
    tunggu sekitar 10-20 menit, sampai prosesnya selesai.
  6. Jika sudah, sekarang colokan Flashdisk tersebut ke Komputer yang ingin kamu Install Windows 10, jangan lupa setting BIOS, Untuk masuk BIOS, kamu bisa menekan tombol DEL, F2 atau semacamnya, karena beda jenis beda pula tombolnya. Lalu ubah Boot Device Priority-nya menjadi USB HDD/Flashdisk.
  7. Jika langkah pengerjaan benar, harusnya Komputer dapat mendeteksi adanya Bootable USB yang berisikan Windows 10 Technical Preview tadi. Jika muncul tampilan seperti ini, Klik "Next".
  8. Selanjutnya, Klik Install Now
  9. Sampai disini kamu akan diberi 2 pilihan. Karena kamu ingin menginstall Windows 10 dari awal, maka yang harus dipilih adalah yang Custom: Install Windows only (Advanced)
  10. Selanjutnya adalah pemilihan partisi Hardisk, jika kamu tidak ingin membuat partisi, silahkan langsung klik tombol Next. Atau jika ingin membuat partisi baru, semisal Local Disk D atau Local Disk E, klik tombol New, lalu tentukan size-nya. Ketika sudah Install Windows, kamu juga bisa hapus atau tambah partisinya kok, jadi tenang aja :) (Baca: Cara Buat Partisi Baru di Windows)
  11. Nah, ini adalah bagian yang paling lama, silahkan tunggu 20 - 60 menit, biasanya ditengah jalan Windows akan melakukan Restart dengan sendirinya. PERHATIAN: Harap cabut Flashdisk kamu ketika Proses "Getting files ready for installation" telah selesai atau mencapai 100%.* Hal ini dimaksudkan agar ketika Restart, Komputer tidak melakukan Booting dari awal lagi.
  12. setelah selasai menunggu maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini lalu pilih "use express setting"
  13. kemudian akan muncul splash screen, disini kita akan menunggu proses pemasangan file-file yang sudah di instal tadi di windows 10
  14. akhirnya selesai juga deh instal windows 10 nya
kalo masih bingung silahkan lihat video tutorial instal windows 10 di bawah ini..
untuk membuat bootablenya liat video dibawah ini

sedangkan untuk menginstal windows 10nya lihat dibawah ini


Available link for download